Broken R

huwekcurhat dikit gapapa ya

ini namanya R. googling aja. nanti bakal nemu kalimat ini

R is a free software programming language and software environment for statistical computing and graphics.

jadi, gue butuh R untuk ngolah data skripsi gue, khususnya untuk suatu hal yang disebut ‘estimasi parameter’. kenapa harus R? kenapa gak pake software-software statistik lain yang familiar seperti SPSS? atau mungkin kenapa ga Excel saja? banyak alasannya. jadi, R itu opensource, skripsi gue gak bakal kesandung masalah copyright atau apapun itu gara-gara pake software bajakan. kedua, R itu bisa pake segala metode, canggih banget deh, library-nya terus-terusan berkembang karena dia open source. yang gue butuhin di skripsi gue jelas ada banget di R. ketiga, software lain (yang jauh lebih mudah dipahami) gak pake metode yang gue pake di skripsi gue. ada sih yang pake, tapi softwarenya udah jadul banget! ibarat sekarang udah versi ke-9, software yang cocok buat skripsi gue itu baru versi ke-2. mati aja kelaut. gimana nyarinya? jadilah harus pake R…

jujur R itu canggih banget. udah seminggu lebih gue berkutat sama R, baru mulai belajar dari yang basic. yang basic aja bikin ‘waw wow waw wow’ apalagi kalau udah yang advance?. sayangnya, ya ini dia, susah coy. error mulu. dikit-dikit warning, dikit-dikit caution. tampol. sebenernya guenya juga sih yang oon hahahahahaha. pala udah ngebul, masi aja error. yaudah ngeblog dulu aja hahahhahaha

tapi gue pengen banget ngerti R, sumpah ini software yang harus banget dikuasai siapapun yang pengen jadi data analyst. dan gue pengen banget jadi data analyst. By the way, beberapa hari ini gue dapetin kabar baik (semoga beneran baik, jangan pehape plis). Tiba-tiba gue dihubungin sama recruiter dari Accenture! wow! apa itu Accenture? ya gitu deh bisa googling lah ya. intinya itu perusahaan management consultant. katanya mereka butuh fresh graduate untuk jadi analytical analyst. apaan tuh yak? kayanya mirip-mirip lah sama data analyst. jadi doakan yaaa siapapun anda huhuhu semoga dihubungin balik, amin amin amin amin.

oke, balik ke R, doakan juga yang ini yaa huhuhu…

Video

Pagi yang Acak

terlintas di benak, saya ingin membuat blog baru dengan domain kotaksampah[dot]com. tetapi sejauh ini tidak tahu caranya membeli domain, lagipula saya belum konsisten untuk terus-terusan ngeblog. jadi saya memutuskan berpindah dari tumblr ke wordpress, entah kenapa saya merasa wordpress akan jauh memberikan kenyamanan untuk blogging daripada tumblr.

postingan perdana wordpress saya adalah iklan appeton 60 yang tidak sengaja terlihat di TV pagi ini. ternyata iklan ini ada versi hokkien-nya, dan betul-betul lawak.

selamat menikmati!