Selfnote

Tulisan ini dibuat sebagai reminder buat diri gue sendiri, tentang kekurangan gue yang gue sadari dan gue rasa penting untuk gua rubah. Gue rasa banyak orang juga yang ngerasain hal yang sama. Apa itu?

Lack of concentration

Efeknya banyak banget lhoh, berikut beberapa contohnya
1. Kemampuan membaca menurun drastis. Kayanya jaman gue SD gue masih bisa tuh baca novel selama sejam atau mungkin lebih tanpa terdistraksi. Yang ngebuat gue berenti baca karena gue pusing kebanyakan baca atau kecapean. Tapi sekarang, setengah jam aja udah bye bye. Mending ya setengah jam, seperempat aja udah nyerah. Kalaupun dipaksa, gue cuma kaya robot ngeliatin tulisan, ga ada yang dipahamin.
2. Belajar gak efektif. Duduk di meja belajar sambil baca textbook selama satu jam gak akan menghasilkan apa-apa. Karena gue anak sains, harusnya jenis belajarnya gue adalah latihan soal atau nurunin rumus. Yang terjadi adalah, baru nyoba nurunin dari persamaan awal ke persamaan kedua, gue udah males. Males mikir. Bukannya berjuang lewat segala cara, gue malah yaudah berenti aja gitu dan akhirnya ga ngelanjutin. Gue berhipotesis, tapi males klarifikasi. Alhasil, apa-apa yang harusnya bisa gue pahami dari awal, malah jadi ketunda berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Padahal ya, yang namanya materi sekarang berserakan dimana-mana. Kalaupun males baca, ada youtube! Lu mau kuliah apa juga ada di youtube, mulai dari kalkulus dasar sampe aljabar abstrak ada disana. Tapi kalau konsentrasi minim, males mikir, males klarifikasi, ya kelaut aja lah sana tenggelem.
3. Gak ada yang kelar. ‘Waktu’ itu gak paralel supaya kita cuman bisa ngerjain satu hal di satu kesempatan. Harusnya tuh kalau lagi ngerjain A ya fokus aja di A, jangan mikirin B atau C. Otak tuh capek dipaksa mikir bolak balik dari A ke B ke C. Yang ada tuh bukannya kepegang tiga-tiganya, malah tiga-tiganya berantakan. Nah gue banget tuh. Semua jadi ala kadarnya.

Itu yang gue rasain. Dan gue harus berubah. Harus banget. Biar waktu gue lebih efektif. FOKUS CHA!!

Leave a Reply

