Facebooking Again

Belakangan gue suka main Facebook lagi. Walau teman-teman terdekat bilang FB itu super ketinggalan (yang lagi ngehits sekarang itu Path dan IG), tapi menurut gue FB lebih baik karena yang ada di dalem situ bukan cuma update-an kegiatan temen-temen lo. Bahkan, gue bisa lupa buka Path untuk beberapa hari (jadi gue bisa dibilang kudet perkara kegiatan teman-teman), tapi gue bisa buka FB setiap saat. Bukannya gue gak tertarik dengan Path, semua orang terlahir kepo, khususnya kepo sama hidup orang lain, tapi buat gue, kepo tentang kehidupan sehari-hari orang lain itu tidak termasuk hal yang harus dilakukan setiap saat.

Beda dengan Path, belakangan FB lebih jadi platform untuk share ide (dan propaganda, yeah). Di timeline FB, gue bisa liat orang-orang share artikel atau video. Menurut gue, itu lebih menarik daripada timeline Path yang isinya check-in lokasi hang-out, tag temen atau pacar, post foto di suatu tempat ngehits, atau share “listening to/watching something”. Bukannya gue ga suka main Path ya, i just think that i don’t need it in daily basis.

Kembali ke FB, what people share in their FB utterly represent their inner mind. Dan dari begitu banyak  fitur yang ditawarkan FB, status dari orang lain (public figure atau yang lain) adalah yang paling banyak dishare oleh pengguna FB. Setelah itu disusul dengan artikel dari suatu website, kemudian foto dan video. Status yang dishare biasanya sih panjang-panjang, dan topiknya cukup serius. Misal tentang kesehatan, motivasi hidup, kajian agama (ini paling sering), sampe politik. Sayangnya sih, banyak dari postingan tersebut yang hoax dan menebar kebencian. Ini yang gue maksud di kalimat pertama paragraf ini, apa yang seseorang share itu bener-bener ngegambarin kualitas diri mereka.  Banyak yang suka share status penuh kebencian, khususnya masalah agama, kaya status-status Jonru. Ada yang melulu ngekritik Jokowi. Ada yang mengkafir-kafirkan Ahok. Kadang gue mikir sih, pentingnya apa sih buat mereka untuk ngeshare status penuh kebencian kaya gitu?

Syukurlah di FB ada fitur unfollow, jadi gue bisa menyingkirkan mereka-mereka yang suka ngeshare status ga penting.

Selain status, banyak orang yang suka share artikel. Nah ngebahas artikel-artikel ini menarik, karena ga semuanya bermutu, hahaha. Gara-gara FB, sekarang banyak website bermunculan yang menawarkan artikel-artikel gress buat kawula muda ibukota. Contohnya : hipwee atau idntimes. Judul dari artikel-artikel dari website ala ala ini punya pola yang sama, yaitu :

[Angka]  – [Sesuatu/Kegiatan]

Contoh :

7 cara menabung agar kamu bisa resepsi tahun depan

20 hal yang akan kamu rasakan di usia 20an

10 hal kenapa pacaran sama anak teknik bakal bikin kamu bahagia

See? Formulanya sama. Kudu pake angka dulu di depannya. Tetapi memang kehadiran angka ini menarik minat pembaca. Gue sendiri pun kepincut untuk selalu buka artikel-artikel dari hipwee dan idntimes. Tapi belakangan setelah gue pikir-pikir, artikel-artikel itu gak penting dan super mengada-ngada. Dan penulisnya juga seringnya ga punya ide orisinil

Contohnya aja nih ya, beberapa waktu lalu, di FB banyak beredar tips parenting. Isinya adalah kiat-kiat bersikap ke anak, karena setiap sikap kita akan membentuk pribadi si anak. Misal, terlalu keras akan membuat si anak jadi pembohong. Suka nyinyir akan membuat si anak jadi blablabla.. terus ga berapa lama kemudian, muncullah artikel ala ala ini dengan judul yang kurang lebih seperti ini : untuk orang tuaku, aku jadi begini karena sikapmu dulu. The heck with the author of this article? Can’t you just stop blaming your parents for what you are now? And your writing is an utter plagiarism, i guess

Tapi, banyak juga website yang artikelnya luar biasa bermutu dan juga inspiring. Belakangan ini yang menarik perhatian gue adalah medium.com. itu bukan platform dalam negeri, dan semua contributornya menulis dalam bahasa Inggris. Sebelumnya ada platform sejenis yang namanya thoughtcatalog, tapi belakangan gue udah jarang buka.

Mungkin itu beberapa hal yang bisa gue tulis tentang FB. See ya

Leave a Reply

