Catatan Agustus

Mari merekapitulasi kejadian. Udah lama banget rasanya gue gak nulis, terakhir itu pas mau Pilpres dan terhitung hari tersebut hingga sekarang, udah banyak banget hal yang terjadi. FYI, tulisan gue tidak dimaksudkan untuk ngasih editorial mengenai suatu kejadian berdasarkan paham ilmu A, B, C, D. Engga. Ini tulisan random tentang gua, terutama tentang isi otak dan hati gua (halah), dan tulisannya panjang pula hehe. 

Continue reading

cakap-cakap Pilpres 2014

sebelum gue kehilangan momen, gue pengen nulis tentang Pemilihan Presiden 2014. bukannya mau ikut-ikutan, tapi memang kali ini pilpres-nya menarik, bahkan terlampau menarik, gue sendiri juga heran.

Kayanya baru sekarang ini yang namanya Pilpres jadi ajang yang bener-bener dahsyat sampe-sampe angka golput berkurang drastis. Baru kali ini juga gue merasakan arus fanatisme yang berlebihan untuk masing-masing calon. baru kali ini juga gue mendapati gencarnya black-campaign yang luar biasa di setiap lapisan masyarat, mulai dari tabloid-tabloid propaganda, sampai berbagai info di social media. baru kali ini Pilpres membuat gue merasa bahwa ajang ini adalah ‘penentuan masa depan Indonesia’. semua orang membicarakan, semua orang membela calon pilihannya. gue pun akhirnya mengikuti perkembangan Pilpres ini, mulai dari pembentukan koalisi sampai debat capres-cawapres.

Continue reading

Lalu apa?

3 Juli 2014 saya resmi menyandang gelar baru : sarjana. Lalu apa?

Hingga saat-saat terakhir saya akan menjalani sidang yudisium (pagi hari di tanggal 3 Juli 2014), saya masih berencana untuk langsung update blog dengan berbagai kegembiraan, euforia gelar sarjana. Tapi satu hari setelah saya resmi menyandang gelar tersebut, yang terlintas malah hal lain. Tidak dengan niat untuk mengurangi rasa bersyukur, tapi yang terpikir di benak hanyalah satu frasa : lalu apa?

Continue reading

Untitled

Gue gamau ngomongin apa-apa. Judul postingan udah dibuat jadi ‘untitled’ soalnya ya emang ini tulisan random. Mungkin dalam beberapa hari ini gak akan ngeblog karena kurang bahan, kurang baca, kurang browsing, kurang segala-gala yang diperlukan untuk ngeblog termasuk kurang bahan curhatan. Selain itu harus skripsian juga ngejer deadline seminar kemajuan penelitian, bagian finalisasi memang jauh lebih bikin pusing. Belakangan juga pusing karna sakit gigi udah kelamaan ga kontrol behel. Beuh, ini mah lama-lama jadi curhat juga padahal niatnya ga ngomongin apa-apa *tepok jidat*. Perihal kondisi kesehatan Alhamdulilah tidak terjadi apa-apa yang menggemparkan. Kesehatan dompet ya standar ga semakmur dulu pas ngajar. Kondisi karir belum terpikir nanti sajalah skripsi dulu, tapi gue berniat ngupgrade CV biar hits gitu (nanti abis seminar SIG 2 alias kemajuan penelitian). Kondisi hati… ahem, ciye, cuit cuit, phewwit, kyaa kyaa~ labil banget sih cha *tampol*. Pokonya gitu ya, hehe.

Oke, doakan bisa nulis yang agak bermutu dalam waktu dekat. See ya!

Tidurlah

langkah gontai
Bumi menyerap cahaya
Tersisa panas berontak lepas
Dari tanah menuju udara
Dan sisa gairah menumbuhkan asa
Esok kita berlarian
Memanjat langit
Seluncur cakrawala
Hingga langkah kembali gontai
Jika lelah.. maka tidurlah..

Ditulis dalam rangka bulan puisi, diharapkan menulis puisi setiap hari
Selamat malam
Jika lelah.. maka tidurlah..

Broken R

huwekcurhat dikit gapapa ya

ini namanya R. googling aja. nanti bakal nemu kalimat ini

R is a free software programming language and software environment for statistical computing and graphics.

jadi, gue butuh R untuk ngolah data skripsi gue, khususnya untuk suatu hal yang disebut ‘estimasi parameter’. kenapa harus R? kenapa gak pake software-software statistik lain yang familiar seperti SPSS? atau mungkin kenapa ga Excel saja? banyak alasannya. jadi, R itu opensource, skripsi gue gak bakal kesandung masalah copyright atau apapun itu gara-gara pake software bajakan. kedua, R itu bisa pake segala metode, canggih banget deh, library-nya terus-terusan berkembang karena dia open source. yang gue butuhin di skripsi gue jelas ada banget di R. ketiga, software lain (yang jauh lebih mudah dipahami) gak pake metode yang gue pake di skripsi gue. ada sih yang pake, tapi softwarenya udah jadul banget! ibarat sekarang udah versi ke-9, software yang cocok buat skripsi gue itu baru versi ke-2. mati aja kelaut. gimana nyarinya? jadilah harus pake R…

jujur R itu canggih banget. udah seminggu lebih gue berkutat sama R, baru mulai belajar dari yang basic. yang basic aja bikin ‘waw wow waw wow’ apalagi kalau udah yang advance?. sayangnya, ya ini dia, susah coy. error mulu. dikit-dikit warning, dikit-dikit caution. tampol. sebenernya guenya juga sih yang oon hahahahahaha. pala udah ngebul, masi aja error. yaudah ngeblog dulu aja hahahhahaha

tapi gue pengen banget ngerti R, sumpah ini software yang harus banget dikuasai siapapun yang pengen jadi data analyst. dan gue pengen banget jadi data analyst. By the way, beberapa hari ini gue dapetin kabar baik (semoga beneran baik, jangan pehape plis). Tiba-tiba gue dihubungin sama recruiter dari Accenture! wow! apa itu Accenture? ya gitu deh bisa googling lah ya. intinya itu perusahaan management consultant. katanya mereka butuh fresh graduate untuk jadi analytical analyst. apaan tuh yak? kayanya mirip-mirip lah sama data analyst. jadi doakan yaaa siapapun anda huhuhu semoga dihubungin balik, amin amin amin amin.

oke, balik ke R, doakan juga yang ini yaa huhuhu…